Tips Ke Baduy Dalam

Baduy

Baduy Dalam merupakan salah satu kampung adat yang terletak di Kabupaten Lebak, Banten. Untuk sampai ke Baduy Dalam terdapat beberapa jalur tapi yang paling umum digunakan, yaitu melalui Ciboleger. Jika berasal dari Jakarta, kamu bisa naik Commuter Line sampai Rangkasbitung dan lanjut dengan kendaraan umum atau sewa mobil. Nah sebelum pergi kesana kamu wajib membaca 7 tips berikut ya!

1. Persiapan Fisik

Jogging
Latihan Fisik
Sumber: thelist.com

Perjalanan menuju baduy dalam tidakalah cepat, jika melalui jalur Ciboleger kamu harus berjalan 4-5 jam tetapi jika melalui jalur Cijahe kamu bisa sampai dalam waktu sekitar 2 jam. Tentu jika tak terbiasa berjalan kaki waktu tersebut cukup lama.

baca juga: catatan perjalanan Tanjung Bira

Jadi jangan menganggap remeh persiapan fisik. Untuk itu dianjurkan jogging tapi bisa juga bersepeda atau berenang. Olahraga itu banyak sekali variasinya jadi silakan kamu pilih lebih menyukai yang mana. Kamu juga bisa mulai dari hal kecil seperti naik tangga saat di kantor, kampus, atau sekolah. Pastikan juga ketika hari H fisikmu dalam keadaan prima, ingat tak ada dokter di Baduy Dalam.

2. Persiapakan Peralatan dengan Matang

peralatan
Peralatan
Sumber: daimca.com

Siapkan semua peralatan yang dibutuhkan sematang mungkin, buat juga ceklis barang apa saja yang akan dibawa agar tak ada yang tertinggal. Kamu membutuhkan jaket hangat karena Baduy Dalam terletak di lembah antara perbukitan. Suhu udaranya cukup dingin setelah jam 12 malam. Jika diperlukan bawa juga kantung tidur agar tidurmu lebih nyenyak.

3. Bawa Uang Tunai

uang tunai
Uang Tunai
Sumber: jakpat.net

Ambilah uang cash di Stasiun Rangkasbitung atau sebelumnya karena sulit menemukan ATM di sepanjang jalan dari Rangkasbitung-Ciboleger atau Cijahe. Memang terdapat Alfamart di Ciboleger tapi terkadang kamu tak dapat memakai debit/kredit yang berarti tak bisa mengambil uang cash. Bawa uang lebih untuk berjaga-jaga dan persiapkan uang untuk membeli oleh-oleh khas Baduy seperti kain, souvenir, dan madu

4. Ransel yang Kuat dan Mempunyai Rain Cover

ransel yang kuat
Ransel
Sumber: orchardinn.com

Ransel yang kuat sangat dibutuhkan saat perjalanan menuju Baduy Dalam. Perjalanan melewati hutan tropis serta jalan setapak naik turun akan sangat merepotkan jika ranselmu tiba-tiba putus. Siapkan juga raincover karena cuaca kadang tak bisa diprediksi, tentu tak mau kan isi ranselmu basah semua?

5. Sepatu

sepatu
Sepatu Trekking
Sumber: mpeesel.com

Medan yang akan ditempuh untuk mencapai baduy dalam merupakan tanah dan batu yang cukup licin. Aku sarankan memakai sepatu gunung, sendal gunung atau sepatu olahraga yang mempunyai grip bawah sepatu bergerigi. Aku tak menyarankan memakai sandal jepit karena akan sangat licin dengan jalan tanah.

baca juga: Film Perjalanan Yang Harus Ditonton Traveler

6. Bawa Bahan Logistik

logistik
Logistik
Sumber: cadventura.com

Memang terdapat penjual minuman di beberapa titik tapi tak ada penjual makanan di sepanjang jalan menuju di Baduy Dalam. Terdapat dua pilihan, yaitu memesan makanan dari Ciboleger yang nanti akan dibawakan sampai Baduy Dalam atau membawa logistik yang nantinya akan dimasakan.

7. Dilarang Mengambil Foto di Kawasan Baduy Dalam

dilarang mengambil foto
Dilarang Mengambil Foto
Sumber: kadalnyengir.wordpress.com

Setelah melewati perbatasan antara Baduy Dalam dan Baduy Luar kamu dilarang mengambil foto. Jika melewati perbatasan akan diinfokan oleh orang Baduy atau guide, perbatasan berupa sungai besar atau kecil tergantung rute mana yang dilewati. Kenapa tak boleh mengambil foto? karena itulah salah satu cara orang Baduy Dalam menjaga alamnya. Perlu diketahui hidup orang Baduy sangat bergantung dengan alam. Jadi hormatilah apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan.

baca juga: catatan perjalanan baduy dalam

Nah itulah tips menuju Baduy Dalam, semoga perjalananmu ke Baduy Dalam menyenangkan ya!

Leave a Reply