Si Biru nan Cantik itu Bernama Danau Kaco

danau kaco

Setelah mendaki Gunung Kerinci ada sebuah danau yang wajib kamu kunjungi, yaitu Danau Kaco. Danau yang terletak sekitar 2 jam dari Kayu Aro ini memiliki kecantikan yang akan membuatmu berdecak kagum melihatnya. Nah untukmu yang ingin kesana aku akan menuliskan catatan perjalanannya.

Nah dari Kayu Aro kamu akan menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam. Kamu akan melewati pemandangan kaki Gunung Kerinci yang sangat indah dan juga melewati kota Sungai Penuh. Kamu juga akan melewati Danau Kerinci, pokoknya benar-benar pemandangan di perjalanan tak akan membuatmu bosan. Jalanan cukup bagus tapi menjelang sampai jalanan mulai membuatmu bergoyang di kendaraan :p

baca juga: Catatan Pendakian Gunung Kerinci

Sebelum memarkir kendaraan kamu harus membayar izin terlebih dahulu, sebenarnya tak ada parkiran khusus tapi terdapat beberapa lahan kosong yang bisa dijadikan tempat parkir. Entah aku tak bertemu orang lagi dari tempat izin sampai memarkir kendaraan. Oiya Aku pergi bersama temanku yang merupakan orang asli Kerinci.

Perigaan ke Danau Kaco
Perigaan ke Danau Kaco
Sumber: Dokumentasi Penulis

Setelah beristirahat sejenak kami segera melanjutkan perjalanan, mulai dari sini perjalanan harus ditempuh dengan berjalan kaki atau kalo mau lari juga boleh. Oiya beli makan terlebih dahulu ya di jalan karena tak ada yang berjualan sama sekali disini. Oiya dari pertigaan gambar diatas lurus ya arah menurun.

Medan menuju Danau Kaco tak terlalu menanjak tapi hutannya cukup lembab menurutku. Aku juga melihat beberapa pacet dalam perjalanan jadi hati-hati ya ketika beristirahat. Petunjuk arah masih jarang sekali terlihat dan terdapat beberapa persimpangan jadi aku sarankan kesini bersama orang yang sudah pernah atau memakai guide.

Perjalanan ke Danau Kaco
Perjalanan ke Danau Kaco
Sumber: Dokumentasi Penulis
Perjalanan ke Danau Kaco
Perjalanan ke Danau Kaco
Sumber: Dokumentasi Penulis
Perjalanan ke Danau Kaco
Hati-hati ya nyebrang sungainya
Sumber: Dokumentasi Penulis

Setelah melewati 6 sungai dengan menempuh sekitar 90 menit perjalanan akhirnya aku sampai juga di Danau Kaco. Sungguh pemandangan yang benar-benar akan membuatmu berdecak kagum, entah kata-kata apa yang pantas untuk menggambarkan kecantikan Danau Kaco.

Danau Kaco
Ngintip dulu dari atas
Sumber: Dokumentasi Penulis

Suasana yang tenang, kicauan burung-burung, dan pemandangan yang cantik merupakan sebuah perpaduan yang sangat sempurna. Disini kami hanya berdua saja, tak ada orang lain jadi benar-benar dapat menikmatinya.

baca juga: Catatan Pendakian Rinjani Gunung Terindah di Indonesia

Makan siang pun terasa tambah nikmat menandangi Danau Kaco ini. Disini juga dapat berenang tapi hati-hati ya karena menurut temanku dalamnya bisa sampai 10 meter lebih. Airnya juga mengalir tapi tak terlalu deras, bahkan sampai tak terlihat.

Danau Kaco
Indah banget kan?
Sumber: Dokumentasi Penulis
Danau Kaco
Yakin gamau kesini?
Sumber: Dokumentasi Penulis

Oiya ketika purnama air danaunya seperti menyala loh tapi aku tak sempat melihatnya secara langsung karena bulannya masih sabit. Ada beberapa versi legenda Danau Kaco dan karna terlalu banyak versi aku juga bingung ingin menceritakan yang mana.

Nah itulah Keindahan Danau Kaco, jadi tunggu apalagi? ayo ke Danau Kaco!

Catatan

  • Tak ada akses kendaraan umum
  • Kamu bisa sewa motor dari Kayu Aro dengan harga 70-100k/hari
  • Untuk jalan bisa google maps langsung dan jangan sungkan untuk bertanya
  • Jika dari Kota Jambi perjalanan masih sangat jauh, sebaiknya mulai dari Kayu Aro atau Sungai Penuh

Leave a Reply