Perbatasan Indonesia-Papua New Guinea, Perbatasan Terindah di Timur Indonesia

Perbatasan Indonesia-Papua New Guinea

Tujuanku kali ini adalah melihat berbatasan Indonesia-Papua New Guinea atau juga dikenal dengan SKOW. Perbatasan ini jaraknya tak terlalu jauh dari kota Jayapura, hanya sekitar 1,5 jam menggunakan kendaraan bermotor dengan kondisi jalan yang sangat bagus.

Aku memulai perjalanan dari dekat Danau Sentani dengan mobil yang diisi oleh 9 orang, seperti biasa kalo masih muat kenapa ndak? :p. Hanya ada satu jalan setelah melewati kota untuk menuju perbatasan jadi tak perlu bingung salah pilih jalan. Sepanjang perjalanan pemandangannya sungguh indah, melewati perbukitan dengan sisi kiri pemandangan pantai nan cantik.

Setelah melewati perbukitan kamu akan menyusuri pantai dan sebelum melewati pantai akan ada jalan cabang yang nantinya akan terhubung juga. Menurut temanku pinggi pantai saja karena lebih cepat tapi harus membayar uang masuk. Setelah itu jalan akan memasuki hutan dan jarang sekali menemukan rumah penduduk.

Setelah perjalanan panjang akhirnya aku sampai juga. Yap perbatasan Indonesia pertama yang aku kunjungi. Oiya kaca mobil wajib di buka ya ketika memasuki kawasan perbatasan. Sebelum memasuki perbatasan wajib melapor dan meninggalkan salah KPT tapi hanya satu KTP yang ditahan.

baca juga: Backpacker ke Raja Ampat

Tempatnya menurutku sangatlah bagus, bersih, dan terawat, semoga terus terjaga ya. Oiya sebelum masuk perbatasan akan melewati perumahan tentara yang menjaga perbatasan dan pasar tapi karena bukan hari pasar jadi sepi deh pasarnya.

Perbatasan Indonesia-Papua New Guinea SKOW
Perbatasan Indonesia-Papua New Guinea, SKOW
Sumber: Dokumentasi Penulis
Area Perbatasan Indonesia-Papua New Guinea
Area Perbatasan Indonesia-Papua New Guinea
Sumber: Dokumentasi Penulis

Tak cukup melihat dari sisi Indonesia, aku ingin memasuki kawasan Papua New Guinea. Itung-itung mengunjugi beberapa detik negeri tetangga :p. Untuk ke Papua New Guinea aku harus melapor terlebih dahlu dan langsung deh bisa masuk ke Papua New Guinea. Setelah melewati beberapa pagar-pagar batas negara yang dijaga oleh tentara kedua negara aku akhirnya sampai di Papua New Guinea.

Gedung Perbatasan Indonesia-Papua New Guinea
Gedung perbatasan milik Indonesia
Sumber: Dokumentasi Penulis
SKOW
Gapura menuju Papua New Guinea
Sumber: Dokumentasi Penulis
Eh udah sampe di Papua New Guinea
Hola Papua New Guinea
Sumber: Dokumentasi Penulis

Oiya untuk masuk daerah perbatasan Papua New Guinea tak perlu menggunakan paspor, hanya perlu izin yang prosesnya sangat cepat tapi jika ingin pergi ke kotanya kamu memerlukan paspor, jangan jadi warna negara selundupan ya :p.

Orang-orang di perbatasan Papua New Guinea belanjanya di Indonesia loh. Biasanya orang Papua New Guinea belanja di pasar perbatasan wilayah Indonesia atau pergi ke Jayapura. Menurut orang Papua New Guinea sih lebih mudah mendapatkan barang di Indonesia ketimbang di negaranya.

baca juga: Kecantikan Pulau Kei di Maluku yang wajib dikunjungi

Ketika memasuki wilayan Papua New Guinea akan langsung memasuki pasar dengan barang jualan warnanya menurutku seperti khas reggae. Tak jauh dari pertabatas terdapat pemandangan pantai yang sangat indah menurut temanku jadi aku langsung menuju kesana.

Pantai di Papua New Guinea yang tak jauh dari perbatasan
Pantai di Papua New Guinea yang tak jauh dari perbatasan
Sumber: Dokumentasi Penulis

Pemandangan pantainya sangat indah menurutku, sangat memanjakan mata! Oiya untuk memasuki pantai ini harus membayar tiket masuk ya. Jangan jadi warna negara Indonesia yang nakal ya di negeri orang :p

Pantai di Papua New Guinea
Bendera Papua New Guinea
Sumber: Dokumentasi Penulis

Setelah puas menikmati pemandangan dan berfoto-foto aku harus kembali ke Jayapura. Oiya jangan terlalu sore ya jika mau datang kesini karena perbatasan dibuka hanya sampai jam 4 sore. Kembali ke Indonesia juga harus sebelum jam 4 sore ya nanti keburu ditutup perbatasannya tak bisa pulang kan repot. Sebenarnya ada jalan tikusnya sih kalo sudah kesorean tapi aku sarankan sih tidak untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan apalagi tak membawa paspor.

Setelah mengunjugi perbatasan aku melanjutkan perjalanan ke Danau Love, yuk langsung baca sebelum kesana.

Catatan:

  • Sewa mobil di Jayapura = 600k/hari (pak Eka 0852 5453 4019)
  • Tiket Masuk pantai di Papua New Guinea = 10k/orang

Leave a Reply