Danau Love atau Danau Imfote, Keindahan Alam dari Jayapura

Danau Love

Saat mengunjungi Jayapura aku berkesempatan menikmati keindahan Danau Love. Eh kok Danau Love ya? maksudnya apa ya? yap danaunya benar-benar berbentuk love dengan pemandangan sekitarnya yang sangat mempesona. Kalo masih tak percaya nih langsung aja liat fotonya.

Danau Love Jayapura
Bener kan bentuknya love
Sumber: Dokumentasi Penulis

Danau ini sebenarnya masih berada di lingkungan Danau Sentani tetapi karena Danau Sentani itu luas banget dan dikelilingi bukit-bukit jadi untuk sampai di Danau Love juga dibutuhkan perjuangan. Dari Bandara dibutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk sampai di Danau Imfote atau yang dikenal dengan Danau Love.

Oiya tak ada kendaraan umum yang dapat menjangkau danau ini jadi mau tak mau harus menyewa kendaraan. Kondisi jalan menuju Danau Love juga harus melewati bukit-bukit dengan jalan yang cukup sempit jadi kalo bawa mobil harus ekstra waspada ya.

Selama perjalanan juga tak ada petunjuk jalan jadi lock dulu lokasinya di google maps karena sinyal di jalan akan hilang muncul hilang muncul seperti si dia :p. Alternatif lain juga bisa bertanya dengan pace atau mace di sepanjang jalan.

Di awal perjalanan aku harus menelusuri Danau Sentani terlebih dahulu, setelah itu akan memasuki padang savana yang sangat luas. Aku juga melewati beberapa perkampungan warga dan hati-hari ya jangan sampai menabrak babi atau hewan lainnya karena mau tak mau harus menggantinya jika menabrak. Di depan rumah warga aku juga melihat Burung Kaswari yang berkeliaran bebas, kapan lagi coba liat Kaswari di pekarangan rumah ­čśÇ

Setelah menempuh perjalanan berkelok serta naik turun akhirnya aku tiba di pemberhentian untuk tiket masuk mobil. Setelah dari pemberhentian, jalan mulai tak beraspal hanya berupa tahan tapi tenang saja Danaunya sudah terlihat.

Jalan menuju danau love
Jalan menuju danau love
Sumber: Dokumentasi Penulis

Akhirnya aku tiba di Danau love dengan 8 orang teman yang gila jalan-jalan. Danau Love ini dikelilingi padang savana yang sangat luas seperti tak berujung loh. Oiya padang savana disini dijaga loh agar selalu memanjakan mata. Jadi rumput-rumput yang sudah mati akan dibakar agar tumbuh kembali menjadi hijau. Inget ya dibakarnya  dijaga bukan ditinggalin gitu aja.

baca juga: catatan perjalanan Pulau Kei

Oh indah sekali danau ini, membuat hati riang gembira :D. Disini juga terdapat shelter dan toilet yang cukup bagus menurutku untuk tempat wisata jadi dijaga ya kalo menggunakannya agar terus terawat. Oiya tak ada rumah warga sejauh mata memandang dan bawa juga makanan dari kota karena tak ada yang berjualan disini.

Danau Imfote
Bersama dengan 8 orang yang gila jalan-jalan
Sumber: Dokumentasi Penulis
Danau Love
Love banget deh pokoknya
Sumber: Dokumentasi Penulis

Emang sesuai namanya deh, benar-benar Love dengan danau ini. Keindahan alamnya itu loh yang buat kamu betah disini, tak mau kembali ke kota rasanya. Danau ini juga masih terjaga banget kebersihannya, aku tak melihat sampah jadi jika kamu kesini tolong dijaga banget ya kebersihannya karena bukan kamu saja yang mau menikmati danau Love.

Karena waktu yang terbatas aku harus kembali dan selanjutnya menikmati keindahan serta kemeriahan Festival Danau Sentani. Pokoknya jika ke Jayapura wajib banget deh ngunjungin danau Love ini.

catatan:

  • sewa mobil di jayapura = 500rb/hari (pak Eka: 0852 5453 4019)
  • tiket masuk mobil =50rb/mobil

Leave a Reply