Catatan Perjalanan Wamena

Lembah Baliem Wamena

Perjalanan ini merupakan lanjutan dari Catatan perjalanan Festival Lembah Baliem. Setelah menikmati Festival Lembah Baliem aku melanjutkan perjalanan untuk melihat Lembah Baliem dari titik-titik terindah.

Di pagi hari ketika udara masih dingin aku bersiap untuk menyaksikan langsung Lembah Baliem dengan mata dan kepala sendiri. Baliem merupakan salah satu lembah yang sangat ingin aku datangi dari beberapa tahun lalu.

Aku berangkat dari kota sekitar pukul setengah 9 dengan tujuan Batas Batu, Danau Habema, dan air terjun yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Cartenz. Oiya aku berangkat bersama beberapa puluh orang dengan menggunakan empat mobil.

Danau Habema
Salah satu tempat tujuannya
Sumber: Dokumentasi Penulis

Sebelum memasuki kawasan tujuan kami harus singgah terlebih dahulu di pos tentara Napua. Mulai dari sini perjalanan kami akan dikawal oleh tentara. Loh kok dikawah tentara? Karena masih termasuk daerah yang rawan jadi sebaiknya perjalanan dikawal oleh tentara.

Salah satu mobil yang kami gunakan di Wamena
Salah satu mobil yang kami gunakan di Wamena
Sumber: Dokumentasi Penulis
Pos Napua
Hola Lembah Baliem kami datang
Sumber: Dokumentasi Penulis
Duduk dibelakang mobil
Duduk dibelakang mobil, mukanya sensor dulu ya :p
Sumber: Dokumentasi Penulis

Setelah semuanya berkumpul kami langsung berangkat. Tujuan pertama adalah Danau Habema dengan kondisi jalan pada awalnya bagus tapi bagus itu hanya sebentar atau bisa dikatakan hanyalah sebuah ilusi :p

Jalan menuju Danau Habema berupa batuan dengan melewati bukit-bukit, eh bukan melewati sih menurutku malah jalannya membelah bukit bebatuan. Kondisi jalannya benar-benar bikin pantat bergoyang deh. Aku duduk dibelakang dan berharap tak ada anak panah yang tiba-tiba nyasar.

baca juga: Festival Danau Sentani

Oiya tak ada sinyal disini, jadi nikmati sajalah keindahan alamnya. Jalan disini juga pernah dilewati oleh presiden loh dengan menaiki motor cross tapi tentunya dengan pengawalan super ketat.

Kondisi jalan menuju danau Habema
Kondisi jalan menuju Danau Habema
Sumber: Dokumentasi Penulis

Setelah menempuh perjalanan sekitar 2 jam dengan pemandangan yang sangat indah serta medan yang cukup wah akhirnya kami sampai juga di Danau Habema. Oh Habema engkau sunggu sangat cantik nan menawan.

Danau Habema
Ketinggian danau Habema sekitar 3200 mdpl
Sumber: Dokumentasi Penulis
Danau Habema
Danau Habema
Sumber: Dokumentasi Penulis

Oiya di Danau Habema aku tak dapat turun karena memang tak terlihat jalan untuk kesana, dibawah pun kondisinya rawa dan menurut tentara masih banyak lumpur hidup yang siap menyedotmu masuk kedalam.

Setelah puas menikmati Danau Habema kami melanjutkan perjalanan menuju Batas Batu. Perjalanan menuju Batas Batu ditempuh salama satu jam dengan kondisi medan yang lebih parah menurutku tapi dengan pemandangan yang sangat indah. Aku tak sempat mengeluarkan kamera karena harus benar-benar konsen pada kondisi jalan karena lengah sedikit bisa-bisa terlempar.

Batas Batu merupakan tempat dengan struktur bebatuan yang sangat indah menurutku. Aku hanya diam berdecak kagum melihat keindahannya. Oh Baliem engkau sungguh sangat mempesona, membuatku jatuh cinta pada pandangan pertama :p

Batas Batu Baliem
Batas Batu
Sumber: Dokumentasi Penulis
Batas Batu Wamena
Batas Batu
Sumber: Dokumentasi Penulis
Ketinggian Batas Batu
Ketinggian Batas Batu
Sumber: Dokumentasi Penulis

Tak banyak yang aku dapat katakan tentang batasa batu, pokoknya kamu wajib banget kesini sekali seumur hidupmu!

Disini kami menghabiskan waktu lama dan suhu udara menurutku cukup dingin, wajar sih ketinggiannya saja mencapai 3731 mdpl.

baca juga: Backpacker ke Raja Ampat

Setelah menikmati keindahan Batas Batu ternyata waktu sudah tak memungkinkan untuk kami pergi ke air terjun jadi harus segera kembali ke kota karena tak boleh sampai malam. Mungkin di lain kesempatan aku akan kembali lagi ke Baliem dan menikmati keindahan mu lebih lama lagi.

Catatan

  • Sewa Mobil Wamena Pace Aldi: 0812 9518 0765 (3jt/hari)
  • Jika hujan medan tak memungkinkan untuk dilewati
  • Siapkan antimo untukmu yang mabuk darat

Leave a Reply