Catatan Perjalanan Jembatan Gantung Situ Gunung

Jembatan Gantung Situ Gunung

Langkah kaki ini mengarah ke Sukabumi atau temanku menyebutnya dengan nama Like Earth. Tujuan kali ini adalah mengunjungi Jembatan Gantung Situ Gunung yang lagi hits banget.

Perjalanan dimulai dari Jakarta dengan menggunakan mobil karena kami berempat agar lebih mudah untuk mengunjungi tempat lainnya.

Aku berangkat dari Jakarta sekitar jam 1 siang. Perjalanan cukup lancar tapi setelah keluar tol cukup macet karena berbarengan dengan pergantian shift pabrik. Kami baru sampai Kota Sukabumi sekitar pukul 5 sore dan langsung melimpir ke Salabintana serta kulineran khas Sukabumi.

Sekitar pukul 10 malam kami menuju ke Jembatan Gantung, lah kok malem-malem mau ngapain? Karena aku pergi di weekend dan tak mau terlalu ramai jadi kami ingin sampai jembatan ketika buka.

Saat menuju jembatan kami sempat nyasar karena petunjuk yang tak terlalu jelas dan google maps pun salah mengarahkan, disaat itulah seni bertanya wajib keluar :p

Baca juga: Catatan Perjalanan Rammang-Rammang Makassar

Akhirnya setelah sekitar 30 menit kami sampai juga di parkiran Wisata Alam Situ Gunung. Nah karena sudah malam dan super ingin menghemat budget kami pun tidur di mobil :p

Pagi hari sekitar pukul 6 kurang kami berangkat menuju Jembatan Gantung Situ Gunung. Untuk sampai ke jembatan kami harus jalan terlebih dahulu sekitar 5 menit. Ketika sampai jembatan baru saja dibuka dan hanya terdapat beberapa orang. Kami langsung melangkah ke jembatan.

Jembatan Gantung Situ Gunung
Jembatan Gantung Situ Gunung
Sumber: Dokumentasi Penulis
Jembatan Gantung Situ Gunung
Hits banget deh
Sumber: Dokumentasi Penulis
Jembatan Gantung Situ Gunung
Berdua itu lebih indah loh…
Sumber: Dokumentasi Penulis
Pos penjagaan arah camp area
Pinggir pantai menuju Denge dan dari kejauah terlihat Pulau Mules
Sumber: Dokumentasi Penulis
Peraturannya
Sumber: Dokumentasi Penulis

Jembatan yang masih sepi harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk berfoto agar tak bocor :p

Setelah puas menikmati Jembatan Gantung Sukabumi kami turun untuk menikmati curug Sawer. Perjalanan turun melewati camp area Situ Gunung, jadi untuk mu yang ingin camping juga bisa disini.

Camping area
Sumber: Dokumentasi Penulis

Setelah turun sekitar 10 menit akhirnya kami sampai di curug Sawer tapi sayang tak boleh berenang disini, mungkin karena arusnya terlalu deras dan juga dingin yang akan membuat bahaya.

Curug Sawer
Curug Sawer
Sumber: Dokumentasi Penulis

Cacing di dalam perut sudah mulai bergejolak dan kami sarapan terlebih dahulu di dekat curug. Oiya di area curug memang banyak penjual makanan.

Tak terasa jam di tangan sudah menunjukan pukul 09.00 dan akhirnya kami memutuskan untuk kembali ke parkiran. Oiya ada dua cara untuk kembali ke parkiran, pertama naik dan melewati jembatan lagi.

Kedua naik ojek, keputusan bersama akhirnya memutuskan kami naik ojek. Perjalanan naik ojek sekitar 15 menit dengan jalan yang cukup menegangkan karena kiri kanan jurang serta naik turun dengan jalan tanah.

Baca juga: Catatan Perjalanan Sailing Komodo, Labuan Bajo nan Mempesona

Setelah perjalanan cukup menegangkan akhirnya sampai juga di jalan raya dekat terminal. Kami pun segera ke parkiran dan saatnya mengisi perut dengan kuliner khas Sukabumi.

Nah itulah perjalananku ke Jembatan Gantung Situ Gunung, jadi tunggu apalagi? Yuk ke Situ Gunung!

Catatan:

Tiket masuk Wisata Situ Gunung
Tiket masuk Jembatan Gantung = 50k
Jembatan hanya bisa dilewati 3 kali/tiket
Ojek dari curug ke parkiran = 50k

Leave a Reply