8 Film Pendakian Gunung yang Wajib Ditonton

vertical limit

Bagi pendaki gunung pasti mempunyai salah satu sosok pendaki yang menginspirasi, begitu juga dengan film. Pasti Ada dong beberapa film favorit yang sudah kamu tonton beberapa kali tapi tetap tidak bosan. Yap film merupakan sebuah karya seni yang terkadang diangkat dari kisah nyata. Dalam beberapa film pendakian seolah olah membawa kita ikut mendaki dan merasakan sensasi ketegangannya, yuk simak 7 film pendakian berikut yang wajib kamu ditonton sebagai seorang pendaki!

1. Into Thin Air

Film Into Thin Air
Film Into Thin Air
Sumber: s.iw.ro

Film Into Thin Air merupakan kisah nyata dari pendakian Everest 1996 yang berujung tragis. Jon Krakauer mendapat kesempatan untuk mendaki Everest yang merupakan gunung yang ingin didaki sejak kecil. Pendakian kali ini juga merupakan tugasnya sebagai seorang wartawan majalah Outside. Jon bersama teamnya dipimpim oleh seorang pendaki berpengalaman Rob Hall.

Pendakian ke puncak Everest berhasil dilakukan walaupun tak semua team bisa sampai. Di dalam perjalanan turun masalah timbul, peristiwa yang tidak diinginkan terjadi, semesta seperti tidak mendukung dengan adanya badai dan persediaan oksigen yang semakin menipis, ketegangan demi ketegangan terjadi. Penasaran gimana kelanjutannya? mending tonton langsung deh dari pada aku malah spoiler

2. North Face

north face film
North Face
Sumber: Dokumentasi film North Face

Nama film North Face diambil dari nama jalur pendakian Gunung Eiger, North Face sendiri merupakan jalur terberat untuk mencapai puncak Gunung Eiger. Pasangan Andi Hinterstoisser dan Toni Kurz berangkat menuju North Face dari Jerman dengan membawa nama negara mereka. Saat itu belum ada orang yang mampu melalui jalur North Face dan membawa nama negara untuk bisa memalui jalur yang belum pernah dicapai orang adalah kebanggaan sendiri bagi negara serta Andi Hinterstoisser dan Toni Kurz.

Pendakian Andi dan Toni menemukan banyak tantangan mulai dari harus bersepeda dari Jerman menuju Swiss serta peralatan yang sangat minim, bayangin loh sepedaan Jerman-Swiss. Di Swiss Andi juga bertemu dengan pujaan hatinya yang sempat menghilang. Udah ah nanti kebanyakan malah jadi spoiler, jadi kamu tonton langsung aja filmnya. Menurutku sih sebagai pendaki wajib menontonnya karena banyak sekali pelajaran dan pesan moral yang ada.

3. Vertical Limit

vertical limit
Vertical Limit
Sumber: Dokumentasi film Vertical Limit

Sebuah film penyelamatan yang dibuat sangat menegangkan menurutku. Film Vertical Limit dibuka dengan tewasnya ayah Peter dan Annie dalam sebuah pemanjatan karena kesalahan pemanjat pemula yang ada di atasnya. Peter harus memotong tali pengamannya untuk ayahnya agar dapat menyelamatkan dirinya dan sang adik. Sang ayah sendirilah yang menyuruh Peter untuk melakukan hal tersebut karena mengetahui bahwa pengaman tak dapat bertahan untuk tiga orang.

Setelah kejadian tersebut Peter dan sang adik sudah tak bertemu sampai suatu perstiwa sang adik terjebak di jurang saat melakukan pendakian ke K2. Peter yang sedang berada tak jauh dari basecamp mengetahuinya dan berniat menolong sang adik. Apakah Peter berhasil menyelamatkan sang adik? kalo mau tahu jawabannya mending tonton langsung deh filmnya!

4. Everest

film everest
Film Everest
Sumber: indianexpress.com

Kisah film Everest sama seperti kisah Into Thin Air tetapi tak melebitakan Jon Krakauer orang yang mengalami langsung peristiwa tersebut. Menurutku film ini dibuat dengan sudut pandang lain, tentunya setiap persitiwa punya beberapa sudut pandang tergantung dari mana kita melihatnya.

Di film ini juga diperlihatkan bagaimana perjuangan untuk mencapai puncak tertinggi di dunia itu. Setelah mencapai puncak kamu wajib turun kembali nah di perjalanan turun terkadang lebih menyulitkan daripada kita mendaki untuk mencapai puncak, banyak sekali kecelakaan yang terjadi ketika perjalanan turun.

Tak perlu panjang lebar mending langsung aja tonton filmnya biar kamu ikut merasakan langsung mendaki ke puncak tertinggi di dunia!

5. The Himalayas

the himalayas film
The Himalayas
Sumber: thr.com

Film korea tak melulu berisi percintaan loh, ternyata ada juga film pendakian gunung yang dikemas dengan sangat epik. Film The Himalayas bercerita tentang pendaki senior dan junior. Perpaduan pendaki senior dan junior ternyata berhasil mendaki Gunung Kachenjuga yang merupakan gunung tertinggi ketiga di dunia.

baca juga: catatan pendakian rinjani

Setelah pendakian tersebut sang pendaki junior namanya mulai dikenal. Akhirnya mereka mendapatkan kesempatan untuk mendaki Everest tetapi misi utama meraka bukanlah puncak melainkan membawa turun dua jasad sahabatnya yang gugur di Everest. Jadi apakah mereka berhasil membawa turun kedua jasad temannya tersebut? Mending tonton langsung deh biar kamu tahu jawabannya!

6. Meru

meru film
Meru
Sumber: ytimg.com

Tiga orang pemanjat hebat yang sudah terkenal di dunia mencoba mendaki gunung dengan julukan Shark Fin atau Meru yang berarti meruncing. Tiga orang tersebut berangkat dengan penuh percaya diri untuk berdiri di puncak Meru. Di Meru ketiga orang pemanjat hebat ini diterjang oleh badai dahsyat yang membuat mereka kesulitan dan harus mengakui kehebatan Meru.

Setelah gagal pada percobaan pertama akhirnya ketiga orang ini mencobanya lagi setelah tiga tahun beralalu. Tekanan mental serta bayang-bayang kegagalan menghantui pendakian kedua ini. Jadi apakah tiga pemanjat hebat ini dapat berdiri di puncak Meru? Mending langsung aja deh tonton film Meru!

7. Toching The Void

Toching The Void film
Toching The Void
Sumber: c4assets.co

Film Toching The Void merupakan semi dokumenter yang diangkat dari kisah nyata Joe Simpson dan Simon Yates akan memberikan kamu banyak pelajaran dan bagaimana persahabatan. Kedua sahabat ini mempunyai tujuan mendaki Gunung Siula Grande di Peru, setelah 32 hari keduanya berhasil mencapai tujuan mereka yaitu puncak Siula Grande.

Perjalanan turun diluar dugaan karena pada perjalanan salah satu kaki sang sahabat patah. Tak mau meninggalkan begitu saja sahabatnya, keduanya berjalan secara perlahan agar keduanya dapat turun dengan selamat. Di perjalanan mereka menemukan pilihan yang sangat sulit antara hidup dan mati. Jadi menurutmu apakah keduanya dapat turun dengan selamat? mending langsung aja deh tonton filmnya biar tak penasaran!

8. The Wildest Dream

the wildest dream
Toching The Void
Sumber: freepresshouston.com

Film The Wildest Dream merupakan sebuah dokumenter dari National Geographic. George Mallory merupakan orang pertama yang melakukan ekspedisi ke Everest. Ekspedisi Mallory ini didukung oleh kerajaan Inggris. Pada pendakian pertama Mallory gagal, begitu juga pada pendakian kedua. Setelah beberapa tahun berlalu Mallory mencoba untuk melakukan pendakian ketiga.

Nah pendakian ketiga ini merupakan terakhir kalinya Mallory mendaki Everest karena salah satunya faktor keluarga, terutama istri yang sangat dicintainya.

Setelah beberapa puluh tahun ekspedisi yang dilakukan Mallory kemudian dua orang bernama Conrad dan Leo mencoba melakukan hal yang sama seperti Mallory, mulai dari jalur dan gear yang dipakai Mallory. Bayangin aja Conrad dan Leo menggunakan gear pendakian tahun 1924 yang terbilang sangat gila untuk dipakai pada zaman sekarang. Jadi apakah Conrad dan Leo berhasil melakukannya? daripada penasaran mending tonton langsung aja deh filmnya!

baca juga: backpacker ke raja ampat

Nah itulah 7 film pendakian yang wajib kamu tonton karena di dalamnya terdapat banyak sekali pelajaran serta perjuangan untuk mencapai puncak dan pulang ke rumah masing-masing dengan selamat karena keluarga pasti menantikanmu. Belajarlah dari sejarah karena sejarah akan membuat kita menjadi lebih bijak dan baik lagi. Selamat mendaki dan salam rimba!

Leave a Reply