6 Film Perjalanan Yang Harus Ditonton Traveler

Into The Wild

Film untuk sebagian orang dapat memberikan inspirasi serta imajinasi. Seperti kata Einstein “logika hanya sanggup mengantarkanmu dari A-Z sedangkan imajinasi membawamu dari A-tak terhingga”. Tapi tak semua film perjalanan dapat memberikan inspirasi maupun imajinasi kepada sang penonton.

Film perjalanan yang baik menurutku tak hanya bercerita tentang tempat wisatanya saja tapi lebih memberikan pelajaran, inspirasi, dan imajinasi untuk sang penonton. Tak banyak menurutku film perjalanan yang masuk kategori tersebut. Nah berikut beberapa film perjalanan yang harus kamu tonton:

1. Into The Wild

Into The Wild
Into The Wild
Sumber: Dokumentasi film Into The Wild

Sebuah film perjalanan yang didasarkan pada kisah nyata. Christopher McCandless yang kemudian mengganti namanya tak seperti kebanyakan orang, dia lebih memilih untuk hidup jauh dari kemewahan serta meninggalkan karir yang menurutnya merupakan ciptaan abad 20.

Film ini bercerita tentang seorang pemuda yang baru saja menyelesaikan masa studi kampusnya memilih untuk hidup bebas di alam. Christ pergi menyusuri Amerika, Mexico hingga kesunyian di Alaska.

Christ melakukan perjalanan selama dua tahun. Nah penasaran kan bagaimana kisah perjalanannya sehingga banyak memberikan inspirasi, mending langsung tonton aja deh filmnya.

2. The Motorcycle Diaries

The Motorcycle Diaries
The Motorcycle Diaries
Sumber: focusfeatures.com

Film ini merupakah kisah nyata tentang dua orang sahabat yaitu Alberto Granado dan Ernesto Guevara yang melakukan perjalanan menyusuri Amerika Selatan. Dua sahabat ini melakukan perjalanan dengan sepeda motor.

Perjalanan yang dimulai dari Buenos Aires berlangsung lebih dari satu tahun dengan menempuh jarak puluhan ribu kilometer. Perbekalan serta uang yang terbatas tak menghalangi perjalanan keduanya. Tak hanya sekedar menempuh jarak tapi keduanya juga melakukan misi kemanusiaan.

baca juga: catatan perjalanan Baduy Dalam

Berbagai masalah menjadi rintangan tersendiri bagi perjalanan keduanya. Tapi bukan seorang pejuang namanya jika tak mampu menghadapi masalah. Dari perjalanan inilah lahir sosok yang dikenal dengan nama Che Guevara, perjalanan telah mengubah hidupnya menjadi sosok yang sangat penting bagi dunia.

3. Seven Year In Tibet

Seven Year In Tibet
Seven Year In Tibet
Sumber: Dokumentasi film Seven Year In Tibet

Film ini bercerita tentang kasih sayang, cinta, penghianatan, kebersamaan, kesederhanaan, budaya, dan agama yang dialami oleh Heinrich Harrer. Ini merupakan kisah nyata yang dialami Heinrich. Dia mempunyai mimpi mendaki Nanga Parbat tapi mimpinya mempunyai banyak sekali tantangan mulai dari dipenjarakan oleh tentara sampai kabur dari penjara.

Setelah kabur dari penjara bersama temannya dia terus melakukan perjalanannya dan sempat ditolak oleh penduduk Tibet yang tak mau kedatangan orang asing tapi dia akhirnya sampai di Lhasa, tempat dimana Dalai Lama tinggal.

Ketika tinggal di Lhasa dia merasa ada yang mengganjal pikiran dan hatinya, untuk menyelesaikan kegundahannya dia harus kembali ke negaranya tapi apakah dia kembali untuk menyelesaikannya atau terus mengejar mimpinya? mending langsung aja deh tonton filmnya.

4. Wild

Wild
Wild
Sumber: Dokumentasi film Wild

Film ini merupakan kisah perjalanan seorang wanita yang bernama Cheryl Strayed. Cheryl ditempa permasalahan hidup yang membuatnya harus melakukan perjalanan seorang diri untuk melupakan masalahnya. Menyusuri Pacific Crest Trail sepanjang 4,286 km membuatnya harus berusaha keras karena masalah lain menanti di depannya.

baca juga: Mengenal Teknik Pendakian Ultralight hiking

Cheryl tak menyerah begitu saja dengan keadaan dan perjalananlah yang membuat dirinya menyadari bahwa banyak orang di dunia ini yang kesepian dan diterpa masalah tapi dapat menyelesaikannya.

Kenangan dalam perjalanan selalu menghantui dirinya. Untuk melihat kelanjutan kisah perjalanannya mending langsung aja deh tonton filmnya dari pada aku cerita terus nanti malah jadi spoiler :p

5. The Nekad Traveler

The Nekad Traveler
The Nekad Traveler
Sumber: harpersbazaar.co.id

Bercerita tentang Trinity seorang pegawai kantoran yang hobi traveling tapi selalu terbentur dengan uang dan cuti. Kesempatan tanggal merah tak pernah disia-siakannya untuk traveling. Beberapa pekerjaan pernah dilakukan Trinity untuk menghasilkan uang demi traveling.

Sedangkan pihak keluarga terutama sang bapak selalu menanyakan kapan menikah tapi Trinity tak ambil pusing dengan itu. Trinity yang mempunyai sahabat dengan hobi yang sama kemudian merencanakan untuk traveling bareng.

Disaat sahabat tersebut pergi bersama munculah masalah dimana persahabatan mereka diuji. Ditengah perjalanan Trinity diberikan sebuah tiket oleh seorang yang misterius untuk pergi ke tempat yang ingin dikunjunginya. Jadi bagaimanakah kisah perjalanan Trinity? mending tonton langsung deh filmnya.

6. Manjhi The Mountain Man

Manjhi The Mountain Man
Manjhi The Mountain Man
Sumber: Dokumentasi film Manjhi The Mountain Man

Sebuah film yang diangkat dari kisah nyata. Dashrath Manjhi adalah seorang buruh miskin dengan kasta terendah dari India. Manjhi mempunyai seorang istri yang sangat dicintai tapi sang istri harus meregang nyawa setelah gagal mendapatkan perawatan medis karena akses jalan yang sangat sulit ke desanya.

Kejadian tersebut membuat Manjhi tak ingin orang lain merasakan hal yang sama. Bermodal palu serta pahat Manjhi mulai menghancurkan gunung. Tak semudah itu menghancurkan gunung dengan jarak puluhan kilometer seorang diri.

baca juga: 8 Film Pendakian Gunung yang Wajib Ditonton

Banyak masyarakat yang menghinanya dan menertawakannya tapi perjuangan Manjhi tak pernah surut. Perjalanan Manjhi membelah gunung selama 22 tahun merupakan inpsirasi tersendiri bagiku untuk terus berusaha walaupun orang berkata apapun, apakah Manjhi berhasil melakukannya?

Nah itulah 6 film yang menurutku harus kamu tonton sebagai traveler, semoga film tersebut dapat menjadi inspirasi dan imajinasimu ya. Oiya hati-hati langsung kepengan jalan-jalan ya abis nonton filmnya :p

Sumber gambar: hayo.co

Leave a Reply