Home Tips 5 Cara Menuju Negeri di Atas Awan Wae Rebo

5 Cara Menuju Negeri di Atas Awan Wae Rebo

Ketika aku ke Wae Rebo banyak sekali temanku yang bertanya itu dimana sih dan gimana sih cara kesana? Pertanyaan seperti itu muncul berkali kali. Trus dari bandara mesti gimana, naik apa, berapa lama, dengan siapa, dimana, semalam berbuat apa? Loh loh loh. Nah aku mau share cara menuju kesana buatmu yang udah super ngebet banget pengen kesana.

Flores merupakan sebuah pulau di bagian tengah Indonesia nan cantik serta merupakan salah satu pulau favoritku. Banyak terdapat destinasi wisata di Flores, salah satunya adalah Wae Rebo, desa adat ini mendapat penghargaan tertinggi Award of Excellence dari UNESCO untuk kawasan Asia Pasifik pada tahun 2012.

1. Menuju Labuan Bajo

JKT - Labuan Bajo
Jakarta ke Labuan Bajo
Sumber: Google Maps

Untuk kamu yang bukan berasal Labuan Bajo dan sekitarnya harus menuju Labuan Bajo atau Ruteng terlebih dahulu. Inget ya menuju Labuan bajo, bukan Labuan hati atau Labuan Labuan lainnya :p

Jika kamu berasal dari Jakarta perjalanan menuju Labuan Bajo dapat ditempuh dengan pesawat sekitar 3 jam. Dari Jakarta terdapat pesawat Garuda Indonesia yang terbang langsung menuju Labuan Bajo. Jika ingin mendapatkan harga lebih murah kamu dapat menuju Bali terlebih dahulu kemudian melanjutkan penerbangan dari Bali menuju Labuan Bajo. Penerbangan menuju Labuan Bajo dari bagian barat memang hanya tersedia dari Jakarta dan Bali. Kamu juga bisa membaca tips ke Wae Rebo agar persiapanmu semakin matang

2. Labuan Bajo – Ruteng atau Labuan Bajo – Denge

Labuan Bajo - Ruteng
Labuan Bajo – Ruteng
Sumber: wikimapia

a. Labuan Bajo-Ruteng

Di Labuan Bajo kamu dapat beristirahat terlebih dahulu, terdapat banyak sekali jenis penginapan dari harga kaki lima sampai harga bintang lima. Dari Labuan Bajo kamu harus menuju Ruteng. Nah terdapat beberapa pilihan transportasi seperti naik travel atau menyewa kendaraan.

Untuk travel ke Ruteng harga bermacam-macan mulai dari Rp 100.000 – Rp 300.000/orang. Harga sewa mobil avanza Rp 500.000 – 700.000/hari sedangkan harga sewa motor mulai dari Rp 70.000 – Rp 120.000/hari.

Jika kamu menyewa motor sebaiknya periksa terlebih dahulu kendaraannya seperti ban dan rem. Bagi yang tinggal di kota besar kondisi ban motor yang sudah botak dianggap tak layak tapi bagi yang menyewakan motor di Labuan Bajo ban tersebut masih sangat layak pakai, bahkan dibilang masih sangat bagus, padahal alurnya aja menurutku sudah tak terlihat jadi model ban balap gitu :p

Perjalanan menuju Ruteng dapat ditempuh sekitar 3 – 4 jam dengan pemandangan berbukit dan persawahan yang sangat mempesona. Kondisi jalan juga bagus dan tak ada macet seperti di Jakarta.  Nah jika kamu naik motor bersapalah dengan anak-anak SD sepanjang jalan menuju Wae Rebo atau sempatkanlah untuk tos terlebih dahulu. Anak-anak disana sangatlah ramah dan baik.

b. Labuan Bajo-Denge

Jika kamu menggunakan sepeda motor dari Labuan Bajo ada jalur yang hanya bisa ditempuh menggunakan motor yaitu lewat jalur Lembor, kenapa tidak bisa dilewati mobil? karena ada satu jembatan yang belum jadi dan hanya bisa dilalui oleh motor.

Oiya jika kamu mencarinya di google maps jalur tersebut tidak akan ada karena di google maps jalurnya masih terputus padahal jalur tersebut sudah tersambung dengan jembatan. Jangan lupa download maps offline dulu ya karena sinyal sangat sulit selama perjalanan.

Dari Labuan Bajo kamu bisa mengarahkan ke titik pertama, setelah melewati titik pertama arahkan ke titik kedua, setelah itu arahkan lagi ke Gereja St. Petrus dan Paulus Denge. Total waktu tempuh Labuan Bajo-Denge lewat Lembor hanya sekitar 3 jam! sungguh memangkas waktu setengahnya jika melewati Ruteng.

3. Ruteng – Denge

ruteng - denge
Pinggir pantai menuju Denge dan dari kejauah terlihat Pulau Mules
Sumber: Dokumentasi Penulis

Dari Ruteng perjalanan masih cukup jauh menuju Wae Rebo. Jika menggunakan travel sampai ruteng perjalanan selanjutnya dapat menggunakan ojek. Harga ojek menuju desa Denge berkisar Rp 150.000 – Rp 200.000 untuk sekali jalan.

Nah jika kamu ingin menyewa kendaraan juga tersedia di Ruteng dengan harga yang sama seperti  di Labuan Bajo. Perjalanan dari Ruteng menuju Denge melewati jalan berbukit – pinggir pantai – jalan berbukit .

Untuk jalan berbukit kondisi jalan cukup bagus sedangkan untuk jalan yang melewati pinggir pantai beberapa titik jalan berlubang dan mulai tergerus air laut. Pinggir pantai disini tidaklah berupa pasir tapi sebuah batu-batu kecil nan indah. Jika kamu sudah dapat melihat Pulau Mules dari kejauhan itu berarti Denge sudah dekat. Perjalanan menuju Denge dapat ditempuh sekitar 3 – 4 Jam.

baca juga catatan perjalanan gunung kelimutu

4. Denge – Pos 1

 Denge-Pos1
Denge-Pos1
Sumber: Dokumentasi Penulis

Denge merupakan desa terakhir sebelum menuju Wae Rebo. Untuk yang menggunakan mobil perjalanan hanya dapat dilakukan sampai perkampungan penduduk di desa Denge karena terdapat jembatan putus yang tak dapat dilalui oleh mobil. Oiya di Denge tak ada sinyal ya, jika kamu ingin mendapatkan sinyal hanya ada di beberapa titik dan itupun sangat sulit menurutku.

Untuk yang menggunakan mobil dapat menyewa ojek dari perkampungan desa Denge sampai jembatan terakhir dekat pos 1 dengan biaya Rp 20.000 – Rp 40.000 sekali jalan. Jika berjalan kaki dari perkampungan desa Denge menuju pos 1 membutuhkan waktu sekitar 45 menit.

Sedangkan yang menggunakan motor dapat melanjutkan perjalanan sampai jembatan terakhir dekat pos 1. Bisa parkir disana yang terdapat rumah warga dan bilang aja “mau ke wae rebo pak”. Sang bapak tak meminta uang parkir tapi, aku memberikan saja seikhlasnya.

5. Pos 1 – Wae Rebo

Pos 1 Wae Rebo
Pos 1
Sumber: Dokumentasi Penulis

Dari pos 1 kamu harus berjalan kaki menuju Wae Rebo karena hanya terdapat jalan setapak. Perjalanan dari pos 1 – pos 2 melalui jalan berupa hutan yang menanjak dengan jarak tempuh sekitar 2 – 3  jam.

Pos 2 merupakan tempat pemandangan nan indah dimana kita dapat melihat desa Denge dari kejauhan jika cuaca sedang bagus. Dari pos 2 perjalanan masih berupa hutan dan mulai memasuki perkebunan kopi warga Wae Rebo. Kondisi jalan sudah datar dan mulai menurun.

Baca juga catatan perjalanan rumah pengasingan bung karno di Ende

Kemudian sebelum memasuki Wae Rebo terdapat rumah kasih ibu dimana kita harus membunyikan kentongan. Kentongan ini menandakan terdapat tamu yang akan mengunjungi Wae Rebo.

Jarak tempuh dari pos 2 – Wae Rebo sekitar 1 jam.  Dan akhirnya tiba juga di Wae Rebo… eits tapi ketika sampai di Wae Rebo kamu harus melaksanakan upacara adat terlebih dahulu baru kemudian boleh berkeliling dan berfoto. Oiya sebelum upacara adat dimulai bayar terlebih dahulu ya, tak ada patokan harga jadi berikan seikhlasnya saja.

Selamat datang di Wae Rebo dan Selamat menikmati kopi Wae Rebo yang merupakan kopi terbaik dikelasnya!

rumah kasih ibu
Rumah Kasih Ibu
Sumber: dokumentasi pribadi

Catatan

  • Total waktu yang dibutuhkan dari Labuan Bajo – Wae Rebo sekitar 8-11 Jam dan 5-7 jam jika lewat jalur Lembor. Jika menyewa kendaraan sebaiknya istirahat yang cukup karena perjalanan cukup menguras tenaga
  • Jika menyewa kendaraan sebaiknya membeli bensin di Labuan Bajo, Sumur, atau Ruteng karena jarang sekali pom bensi, kecuali jika kamu ingin membeli bensin eceran yang cukup banyak di sepanjang jalan
  • Sebelum berangkat makan terlebih dahulu di Labuan Bajo karena di sepanjang jalan jarang sekali yang berjualan makanan. Ketika sampai di Denge juga makan terlebih dahulu karena setelah itu tak ada lagi yang berjualan
  • Jika menggunakan google maps kamu tak dapat menemukan wae rebo tapi  cari saja geraja St. Petrus dan Paulus Denge
  • Jika membawa motor dapat parkir sebelum di jembatan pos 1 atau di rumah warga dekat pos 1
  • Sewa motor di Labuan Bajo 90k/hari = 0822 7000 6953

155 COMMENTS

  1. Wah makasih banget tips nya. Jadi kepengen juga ke waerebo, tpi masih nabung dulu.
    Berarti kalau pake motor aman ya ke sana? Terus, selama di perjalanan banyak petunjuk jalan kan ya untuk menuju ke sananya atau banyak warga yang bisa ditanya gitu?

  2. Naik ke waerebo ga pakai guide tour gpp bro? Bisa kita naik sendiri ya tanpa harus minta porter di denge? Soalnya di blog lain katanya wajib pakai pemandu/guide untuk naik ke waerebo

    • Halo Mas Prasto salam kenal!
      Iya naik ke Waerebo gapapa kok tanpa guide, jalannya juga jelas kok asal berani aja tapi aman kok tenang hehe

  3. Makasih info dan tipsnya, klo mau masuk tadi dibilang harus upacara adat dulu, nah itu bagemana lagi apa yg harus disiapkan ? Makasih

  4. Hello Itsnain/Nain. Tanjakan dari Pos 1 ke Pos 2 itu terjal banget nggak?
    Kalau orang semi-cacat yang harus jalan pelan2 bisa nggak?
    Kalau mau istirahat dulu sebelum balik besoknya, ada nggak penginapan di Wae Rebo?

  5. Hallo kakak saya planning ke waerebo tahun depan. Mau tanya kakak kemaren sewa motor dari labuan bajo ya? Sendirian atau gimana? Perjalanan 8-11 jam itu naik motor dari labuan bajo? Berangkatnya jam berapa kak supaya hari yang sama bisa sampai di waerebo? Klo saya cewek pergi sendirian amankah?

  6. Wah gitu ya kak jadi semangat. Maaf nanya lagi ya. Lama perjalanannya berapa jam ya kak? Itu kakak nginep gak di waerebo? Temenku bilang katanya jangan nginep kalau gak mau mahal. Tapi menurutku udah lelah di perjalanan masa iya sih gak nginep. Mohon pencerahannya kak.

    • Lama perjalanan naik motor+trekkingnya sekitar 8-10 jam. Iyap betul nginep di Wae rebo. Menurutku malah nginep karena suasana malem dan pagi-paginya yang bagus banget untuk menikmati keindahan Wae Rebo serta ngobrol-ngobrol langsung dengan orang Wae Rebo

  7. Maaf bang mau nanya, itu klo dari ruteng ke waerebo ambil ke arah mana ya? Soalnya gua liat di maps malah bingung sendiri

  8. Mas dari Ruteng ataupun denge ada gk travel ke ende? kalo ada berapa harganya? atau ada gk yah penyewaan motor, ambil di labuan bajo, trus motornya di kembalikan di ende… hehehe…
    makasih sebelumnya.

    • kalo dari ruteng banyak kok travel ke ende. Kalo harga saya kurang tau berapa sekarang. Untuk sewa motor jarang banget kak bisa dibalikin di beda tempat

  9. Mas Itsnain,
    Saya berencana ke Waerebo di 26-27 Des 2018 ini, rencana nginap semalam, dan sudah pake tour guide. Karena bawa istri dan anak (13th dan 17th), jadi mau nanya bbrp hal :
    1. Apakah aman jika pakai sandal gunung dan celana pendek saat jalan dari Denge menuju Desa Waerebo? Di beberapa blog, ada yg bilang banyak lintah, apa benar?
    2. Jika dari Desa Denge ke Pos 1 menempuh 45 menit, Pos 1 ke Pos 2 menempuh 2-3 jam dan Pos 2 ke Desa Waerebo menempuh 1 jam, berarti total trekkingnya kira2 4-5 jam, apa betul?
    3. Apakah selama perjalanan ada warung utk beli minum? Dan apakah ketika kita nginap di rumah adat disediakan minum? Saya bertanya untuk antisipasi membawa botol minum jika memang tidak tersedia warung dan tidak disediakan di rumah tempat menginap.

    Mohon pencerahan.
    Makasih banyak

  10. Mas Itsnain,
    Saya berencana ke Waerebo di 26-27 Des 2018 ini, rencana nginap semalam, dan sudah pake tour guide. Karena bawa istri dan anak (13th dan 17th), jadi mau nanya bbrp hal :
    1. Apakah aman jika pakai sandal gunung dan celana pendek saat jalan dari Denge menuju Desa Waerebo? Di beberapa blog, ada yg bilang banyak lintah, apa benar?
    2. Jika dari Desa Denge ke Pos 1 menempuh 45 menit, Pos 1 ke Pos 2 menempuh 2-3 jam dan Pos 2 ke Desa Waerebo menempuh 1 jam, berarti total trekkingnya kira2 4-5 jam, apa betul?
    3. Apakah selama perjalanan ada warung utk beli minum? Dan apakah ketika kita nginap di rumah adat disediakan minum? Saya bertanya untuk antisipasi membawa botol minum jika memang tidak tersedia warung dan tidak disediakan di rumah tempat menginap.

    Makasih banyak

    • Halo kak Imansyah, Salam kenal!
      1. Aman sih kebetulan saya waktu itu juga pake celanda pendak dan pernah juga di bulan desember, agak liat-liat aja kalo mau duduk. Trus buat jaga-jaga bawa autan semprot aja nanti kalo ada tinggal di semprot lepas deh dia.
      2. Dengen Pos 1 bisa naik kendaraan kak, kalo mau jalan baru sekitar 45 menit. Ngga selama itu kok, pokoknya normal jalan dari pos 1 sekitar 2 jam sampe ke Wae Rebo.
      3. Kalo selama perjalanan memang tak ada yang berjualan tapi ada sumber air langsung yang seger banget jadi bawa botol minum sangat disarankan. Untuk di rumah adatnya nanti disediakan makan dan kopi atau teh sepuasnya. Kopinya mantep banget deh rasanya.

    • Hai mas mau nanya dong..punya no hp porter ga untk ke waerebo..saya waktunya sedikit jd rencananya bgtu sampai dilabuan bajo lgsg ke waerebo kalau sampai trll malam mau nginap dirmh penduduk bsk pagi2nya baru tracking dan siangnya lgsg turun untk bs lngsg ke labuan bajo lg..mksh

      • Hola Kak Ana,

        Kalo porter ngga ada kenalan, kalo nginep dirumah penduduk nanti bilang aja dan biasanya banyak yang nemawarkan kok kak. Semoga lancaaar perjalanannya!

  11. Sy sdh terlanjur beli tiket Jakarta Labuan Bajo pp. Kira2 lbh baik sy ke Wae Rebo atau Kelimutu selain ke P. Komodo. Rncn 4 hari 3 malam sy berlibur sm keluarga. (anak sy 11 thn). Mhn sharing infonya…

    • Halo Kak Dewi, Selama di Bajonya 4 Hari 3 malem? kalo ke kelimutu ngga kekejar kak waktunya paling ke Wae Rebo tapi Komodonya agak diringkas atau ke Wae Rebonya tak menginap. Tapi sayang banget kalo disana tak menginap

      • Iya benar di Labuan Bajo 4 hari 3 malam rencananya, sampai Bajo sdh agak sore jam 14.30 Nah…klo akan sy Eksplore Bajo dpt apa aja ya? Maunya siy dpt Wae Rebo juga…

        • Kalo 4 hari 3 malam dengan sampai jam segitu (pesawat tak delay) agak susah sih kak ke Wae Rebo juga karena perjalanan ke Wae Rebo bisa 5-6 jam belum lagi ditambah trekkingnya kurang lebih 2 jam. Labuan bajonya yang deket bandara tak banyak sih tapi bisa ke Goa Rangko

  12. Hmm it appears like your website ate my first comment (it was super long)
    so I guess I’ll just sum it up what I wrote and say, I’m thoroughly enjoying your
    blog. I as well am an aspiring blog writer but I’m still new to everything.

    Do you have any points for beginner blog writers?

    I’d certainly appreciate it.

  13. halo kak, mau nanyak. saya april ini mau ke waerebo sewa sepeda motor.
    1. nnti motornya di parkir dimana ya? soalnya saya mau nginep semalem di waerebo. apa aman?
    2. kalau pake porter gitu, biasanya sewa dimana. apa di pos 1 banyak jasa porter yang menawarkan?
    3. kalau ga pake porter apa rute atau akses jalan menuju waerebo aman? seperti petunjuk jalan. soalnya takut kesasar kalau ga pake porter.

    terimakasih banyak kak, antisipasi buat jaga jaga liburan bulan depan hehe

    • Hola Kak Nuris. Sorry slow respon kemarin ada sedikt masalah di blog.
      1. Di dekat pos 1 kak
      2. Kalo sewa porter dari Denge aja kak
      3. Kalo menurut aku sih aman dan jelas tapi kalo ragu pake guide atau porter aja kak.

      Semoga perjalanannya menyenangkan kak!

  14. Kak Itsnain, saya rencana ke Waerebo tanggak 22 April ini, tapi sendirian.. Ada kontak orang yg bisa dihubungi nggak kak? orang travel/ojek/guide dari ruteng ke waerebo nya? kalo ada, boleh dong kak bagi ke saya.. ?? Terima kasih..

  15. rencana kesana akhir juni mendatang.. mastiin aja nii trek ke waerebo bersahabat kan ? bukan yg biasa naek gunung soalnya hehe

    • Hola kak Mira, Treknya bersahabat kok walaupun buat orang yang ngga bisa naik gunung. Semoga menyenangkan tripnya kak!

  16. mas, ada kontak travel dari labuan bajo ke waerebo ?
    saya rencana sampai labuan bajo sore dan ingin langsung menuju waerebo mas

  17. Rencana wae rebo motoran ma suami dari ruteng. Such a very nice info mkasih banyak ya. Salam kenal.
    Bearti klo motoran sendiri itu cuma plu bayar seikhlasnya pas taruh motor, trus seikhlasny utk upacara adat, ama 325k utk nginep semalam udah dapat makan ya kan kak? Hhe mohon info. Thanks

    • Hola Kak Nada, salam kenal!

      betul kak parkir dan upacara ada seikhlasnya. Untuk nginep betul begitu kak tapi cuma makan berat sama kopi/teh ya yang dapat, untuk cemilan bisa bawa sendiri karna disana ga ada yang jualan

  18. Halo saya renc mau k wae rebo tgl 24 juni, b2 sma tmn, apakah ad yg punya schedule yg sma dn mau brg ?? 085262183277 wa ??

  19. Info dong, di Denge ada penginapan gak? Karena rencana awal Oktober mau ke Wae Rebo. Jadi dari labuan Bajo, mau nginep dulu semalem di Denge. Besok nya lanjut ke Wae Rebo..

  20. halo, mau minta info dong..
    rencana mau ke wae rebo..
    mendarat di labuan bajo sekitar pukul 12.30..apa bisa langsung ke wae rebo? menginap disana dan trekking keesokan harinya, lalu balik ke ke laboan bajo sore harinya?

    kalau sewa mobil berarti dua hari yak (sopir mesti menginap juga)..atau ada mobil dan sopir tersedia di wae rebo kalau mau balik ke labuan bajo?

    berapa kira2 sewa mobil dan sopir?

    makasi

    • Hola Kak Lisa.
      Bisa kok tapi harus nginep dulu di Denge kecuali mau trekking malem dan udah terbiasa trekking. Jadi misal berangkat senen siang dan sampe Denge magrib, selasa pagi trekking dan rabu pagi turun, sorenya bisa sampe di Bajo deh.

      Untuk mobil masuknya 3 hari kak, ada kendaraan umum berupa truck gitu tapi ya ga bisa buru-buru pastinya. tergantung mau mobil apa karena rate harganya masing-masing beda

  21. Mantab sobb! sangat informatif! Saya juga minat diawal oktober ini, kuyy kalau ada yg mau bareng explore flores, ig: sitibecik

  22. Haii kak…

    Salam kenal lolitta jakarta. Loli ad rencana mw ke taman nasional 17 riung, warebo lanjut komodo. Ad referensi rute & akomodasi nya ga kak, biar estimasi waktu ny pas selama d sana hehe

    • Hola Kak Lolitta,
      Jadi tujuan pertama riung 17 ya? nah kalo kesana akses agak susah kak dan jalannya juga berbelok belok banget, kadang kabutnya tebel juga. Nah di info aja kak tujuannya mau kemana dulu dan finish dimana

  23. Halo Kak, rencana 9 Desember aku mau ke Wae Rebo, pulangnya lanjut ke Ende. Cuma masih bingung nanti nyari transport dr Denge nya gimana yaa, ada saran kah?

    • Hola Kak Fitri,
      Kalo dari Denge ngga ada kak ke Ende setau aku, paling ke Ruteng dulu. Dari Ruteng banyak travel atau omprengan sejenis avanza gitu. Nah dari Denge-Ruteng bisa naik ojek kisaran 150k atau taksi (sejenis truk gitu tapi agak susah carinya)

  24. Haloo kak, kenalin saya Edho dari Jakarta, renacana mau ke waerebo pas tanggal 25 nih kak, ada rencana kesana kah?saya boleh minta nmr tlf kaka kah?mau tanya2 hehe, nomor saya di 082298303691

  25. Halo Bro Rudi…
    Saya rencana juga ke Bajo tanggal 29 Des 19 minggu depan. Apakah rencanannya masih tetap?? Saya rencana mau ke Wae Rebo road trip. Barangkali bisa join….cp: 085218748307

  26. Thank you mas beberapa info dan tips nya. btw saya mau ke labuan bajo april 2020. Barangkali ada barengan, bisa hubungi di line : atubacandraq / ig : atubcandra yaa

    • Sya dari bandung ada rencana berangkat ke labuan bajo-wae rebo satu motor berdua di bulan April 2020 Barangkali ada yang bisa gabung

  27. halooo sobat muda , kami ber 4 rencana mau ke Labuan Bajo, Waerebo, lanjut ke Ende Maumere dan terakhir ke Lembata, rencana klu gak akhir juli atau awal Juli nunggu anak anak libur sekolah dan nunggu kapal laut nya juga , kami bener2 mau bagpackeran, klu mau gabung boleh untuk meringankan biaya sewa kapal di Labuan Bajo dan sewa Mobil labuan bajo ke ruteng, lumayan kan hee heee ( maksimal b6), email ku mariahteresiarpp70@gmail.com

  28. halooooo pecinta treveling….. ada yang mau bareng ke Labuan Bajo, Waerebo, Ende, Maumere dan Lambata????? kami b4 mau jalan kesana di mulai dari surabaya, naik kapal surabaya- labuan bajo, bagpackeran , menghemat dana , yang mau gabung boleh hubungi saya Ana, no hp 081386250052, kita rencana jalan akhir juli atau awal juli, nunggu anak anak libur dan nunggu Jadwal kapal berangkat.

  29. Halo salam kenal, ada yg mau trip bareng ke wae rebo, kampung bena dan danau kelimutu? Saya skrg lg di labuan bajo rencana pgn pergi minggu ini. Oh ya aku cewek ya Hp 081808735482

  30. Hallo ada yang rencana mau ke waerebo sekalian ke kelimutu tgl 21-26 Desember 2020 rencananya. WA saya di 087887913641 ya. Btw ane laki, motoran dari LBJ ke wae rebo PP terus naik pesawat dari LBJ ke Ende juga oke.

  31. Sangat informatif dan enak dibaca… Kebetulan besok mau ke labuan bajo mengunjungi Taman Nasional Komodo, smga bisa nyampe ke Way Rebo juga 🙏

  32. Hai admin .

    Mau tnya untuk 2020 guide itu wajib gk sih ?. Misal gk pake guide boleh engga ke wae rebo ?.

    Untuk masuk wisatawan lokal berpa harga nya ?

    • Hola Kak Irwan,

      Terakhir ku kesana 2019 sih ngga wajib pake tapi emang kalo awam masuk hutan dan mendaki sebaiknya disarankan.

      Untuk harga apa nih kak?

  33. Hola mas itsnain, boleh share kontak mu kah? mau tanya2, hehe… saya rencana mau explore flores.

    Oh iya ada yang mau explore flores bareng kah untuk rencana tanggal 4/5 – 13/14 september 2021? saya dan istri rencana akan explore flores menggunakan motor sewa dan LOB juga.

    4 sept: jakarta – labuan bajo
    5 – 9 sept : explore flores (wae rebo, kelimutu, goa rangko, goa cermin, dll estimasi 1-1,5jt per orang)
    10 12 sept : LOB (3D 2 malam sekitar 2,5 – 3jt/orang) –> saya udah bayar LOB tripnya
    13 sept : one day diving (3x dive sekitar 1,8jt) ini pilihan aja sih
    14 sept: pulang ke jakarta.

    kalau ada yang mau bareng kontak saya di 081219252251.
    Trims

    • Hola Kak Panji,

      Silakan tanya disini langsung aja kak biar yang lain bisa baca juga dan bisa jadi referensi, tenang aja pasti dibales kok hehe

  34. Halo min, membantu sekali blog nya.
    Kalo boleh tau, apakah jalur nungalili itu sedah benaran bisa di lalui motor secara normal ? Saya bulan mei mau kesana tp karna pesawat siang sampe nya mau coba untuk menghemat waktu lewat jalur yg lebih cepat, makasih sebelumnya

    • Halo kak Ferdi,

      Bisa kok untuk motor, saya udah coba tapi kalo di maps memang ada masih putus makanya saya berikan titik tujuannya diatas

  35. Halo kak itsnain, mau tanya dong terkait jalur lembor-nungalele-denge.
    Apakah itu bener aman untuk dilalui motor ?
    Atau harus ada upaya lebih seperti melewati sungai ? Karna sepertinya ada jembatan terputus antara nungalele – denge.
    Durasi 3 jam untuk jalur lembor-nungalele itu apakah sudah termasuk jalan santai dgn motor atau itu dgn kecepatan yg lumayan ?

    • Halo kak Ferdi,

      Bisa kok untuk motor, saya udah coba tapi kalo di maps memang ada masih putus makanya saya berikan titik tujuannya diatas.

      Kalo lewat sungai iya tapi sudah diberikan batu-batu gitu selama tidak hujan deres bisa dilewati.

      Untuk durasi saya jalan santai kak karena ngga bisa ngebut-ngebut juga di jalur tersebut hehe

  36. Halo kak. Kak aku mau ke waerebo minggu depan, kalau naik motoran cewek semua aman gak ya? Kok saya cari di gmaps titik 2 ke 3 malah muter ya sekitar 3-4 jam nanti dilapangannya susah gak ya buat cari jalurnya. Sama kalau aku parkir deket pos 1 disitu ada jasa guide gak ya kak. i hope u can answer very soon, thank you:)

    • Halo Kak Farah,

      Mohon maaf baru bales kak,

      Cari jalurnya gampang kok kak.

      Kalo mau cari jasa guide sebelum pos 1 kak, deket gereja biasana banyak. Semoga dapat membantu kak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Catatan Perjalanan Jembatan Gantung Situ Gunung

Langkah kaki ini mengarah ke Sukabumi atau temanku menyebutnya dengan nama Like Earth. Tujuan kali ini adalah mengunjungi Jembatan Gantung Situ Gunung yang lagi...

Catatan Perjalanan Rammang-Rammang Makassar

Tujuanku kali ini adalah mengunjungi Rammang-rammang yang berada di Maros, Sulsel. Untuk kamu yang tak punya banyak waktu dan bingung mau kemana...

Si Biru nan Cantik itu Bernama Danau Kaco

Setelah mendaki Gunung Kerinci ada sebuah danau yang wajib kamu kunjungi, yaitu Danau Kaco. Danau yang terletak sekitar 2 jam dari Kayu...

5 Film Survival Terbaik yang Wajib Ditonton

Petualangan di alam bebas menjadi salah satu film yang sangat menarik untuk ditonton tapi tak semua film berjalan sesuai harapan penonton. Banyak...