5 Cara Mencuci Jaket Gunung Agar Tidak Rusak

proses mencuci jaket

Jaket merupakan peralatan wajib bagi pendaki gunung. Jaket gunung memberikan kehangatan terhadap lembab dan dinginnya udara di ketinggian. Jaket gunung di pasaran bisanya mempunyai ketahanan terdahap air dan angin atau lebih dikenal dengan sebutan waterproof dan windproof.

Oiya perlu diketahui mencuci jaket gunung tak dapat dilakukan sembarangan loh, apalagi dengan membawanya ke londri. Memang jaketmu menjadi bersih tapi waterproof dan windproofnya akan hilang.

Banyak sekali temanku yang masih salah dalam mencuci jaket gunung kemudian bertanya

A: in jaket TNF yang kemaren gue beli atas rekomendasi lu jelek ya, masa gue baru pake sekali waterproof dan windproofnya ilang

B: Ah yang bener?

A: Iya, kemaren pas gue pake ke Merbabu baru ujan 5 menit udah rembes ke kaos

B: Lu nyucinya bener? Apa jangan-jangan dimasukin londri?

A: Eh kok lu tau gue masukin londri?

B: ….

Sebenernya itu bukan jaketnya yang jelek atau pabrikannya, itu murni kesalahan dalam proses pencucian. Masih banyak yang salah dalam proses pencucian dan menyalahkan jaketnya yang jelek, mereknya, pabriknya, dan bahkan dibilang jaket palsu!

baca juga: Teknik pendakian ultralight hiking

Perlu diketahui jaket yang mempunyai ketahanan waterproof dan windproof tidak dapat dicuci menggunakan detergen, apalagi di londri. Jika tak percaya silakan coba sendiri di rumah tapi jangan salahkan aku ya :p

Mencuci jaket dan menyimpannya secara benar tentu membuat jaket awet dan tak cepat rusak. Nah kamu pasti ngga mau dong jaket yang udah dibeli mahal tapi rusak begitu aja, kalo begitu kamu harus membaca baik-baik cara mencucinya ya!

1. Cek Label

Label Pada Jaket
Label Pada Jaket
Sumber: 3.bp.blogspot.com

Kebiasaan yang paling sering dilakukan orang Indonesia adalah malas membaca petunjuk. Agar jaket kamu tidak rusak pertama cek terlebih dahulu apa saja yang boleh dilakukan dan tidak. Label pada jaket biasanya terletak di pinggang jaket atau di leher.

Banyak yang tak memperhatikan bagian label padahal bagian tersebut menjelaskan bagaimana cara mencuci dan merawatnya. Jaket gunung dibuat dengan nama bahan yang berbeda sehingga berbeda juga cara mencuci serta merawatnya. seperti The North Face yang mempunyai nama hyvent atau pabrikan Gore tex yang sudah sangat terkenal. Tapi umumnya petunjuk pencucian jaket gunung hampir sama tak boleh menggunakan detergen.

2. Cek Kantong Jaket dan Hoodie

jaket gunung TNF
cek kantong jaket
Sumber: pinimg.com

Sebelum mencucinya cek terlebih dahulu kantong jaket. Kadang setelah mendaki gunung ada saja barang yang tertinggal seperti permen, benda tajam, dan bahkan uang. Tentu tak mau kan uangmu juga ikut tercuci?

Permen karet sering kali merusak jaket, terutama pada saat proses pencucian. Selanjutnya buka hoodie jaket agar ikut tercuci sehingga ketika ketika pengeringan tak ada air yang tersisa pada bagian hoodie.

3. Proses Mencuci

proses mencuci jaket
mencuci jaket
Sumber: sobatrespiro.com

Rendamlah jaket terlebih dahulu. Rendam jaket menggunakan air biasa atau air hangat sekitar 5 menit, ingat air hangat bukan air panas dan jangan terlalu lama karena dapat merusak bahan jaket.

Setelah direndam bersihkan noda-noda yang ada pada jaket dengan menggunakan sikat gigi secara pelan. Sikatlah dengan penuh kelembutan seperti mengusap orang yang kamu sayangi :p. Pada beberapa jaket memang boleh menggunakan mesin cuci tapi sebaiknya dihindari.

Berhati-hati juga ketika membersihkan bagian jahitan karena terdapat lapisan seal yang membuat jaket tahan terhadap air dan angin pada bagian tersebut. Kotoran yang menempel pada jaket gunung biasanya adalah debu, tanah, tumpahan kopi, dan teh yang sebenarnya sudah cukup hanya menggunakan air tapi banyak orang yang merasa tidak bersih jika tak menggunakan sabun.

Nah jika kamu tetap ingin menggunakan sabun karena rasanya tak afdol maka gunakanlah sabun yang tak mengandung pH. Sabun non pH biasanya banyak ditemukan di supermarket besar dengan harga bervariasi tapi, masih cukup terjangkau. Jika kesulitan mendapatkannya kamu bisa menggunakan sabun bayi yang tak mengandung pH.

Jangan sekali kali menggunakan detergen, sabun colek, dan sabun mandi jika tak ingin jaket kamu kehilangan kemampuan waterproof dan windproofnya. “tapi bro gue pengen pake sabun biasa aja ah biar lebih bersih” silakan tapi kalo rusak ditanggung sendiri :p

Oiya lapisan pada bahan jaket gunung sangatlah sensitif terhadap bahan kimia. Sama seperti dia yang sensitif jadi kita harus merawatnya  dengan penuh kelembutan, perhatian, dan kasih sayang.

4. Proses Pengeringan

Proses pengeringan jaket
pengeringan jaket
Sumber: whstatic.com

Selanjutnya pada proses pengeringan jangan memeres jaket, cukup dengan dikebut-kebutkan. Kemudian jemur jaket di tempat yang tak terkena sinar matahari langsung atau cukup diangin-anginkan saja. Menjemur pada sinar matahari langsung juga dapat membuat seal pada jahitan jaket terkelupas.

Setelah jaket kering liat label jaket apakah boleh disetrika atau tidak. Sebaiknya tidak disetrika tapi jika logo memperbolehkan disetrika dan tetap ingin melakukannya lapisi terlebih dahulu dengan kaos atau bahan sehingga tak terkena langsung pada jaket.

5. Cara Penyimpanan

Menyimpan jaket
Menyimpan jaket
Sumber: amazon.com

Simpanlah jaket dengan cara dingantung agar tidak menimbulkan lipatan yang dapat merusak bahan jaket. Gunakanlah anti jamur untuk penyimpanan karena suhu di Indonesia yang cukup lembab membuat jamur mudah berkembang biak.

Jangan menyemprotkan parfum pada jaket gunung karena bahan kimia pada parfum dapat merusak bahan jaket.

Jika setelah penggunaan beberapa lama kemudian daya waterproof dan windproof jaket dirasa mengurang kamu dapat menyemprotkan spray waterproof seperti talas yang banyak terdapat jual beli online.

Nah diatas merupakan bagaimana cara mencuci jaket gunung yang benar agar jaket gunungmu tak rusak. Ingat rawatlah jaket gunungmu dengan kasih sayang seperti merawat si dia. Semoga jaket gunungmu awet dan tak rusak karena kesalah pada proses mencuci.

Salam Rimba!

Leave a Reply